Selasa, 16 September 2014

SEMUA TENTANG JANTUNG



Definisi Jantung 
Jantung (bahasa Latin, cor) adalah sebuah rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.
Permukaan Jantung : Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, sebesar kepalan tangan. Jantung adalah satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri.

Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium, tertempel pada diafragma. Lapisan pertama menempel sangat erat kepada jantung, lapisan luarnya lebih longgar dan berair untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh, terjadi karena gerakan memompa konstan jantung.
Struktur Internal Jantung

Secara internal, jantung dipisahkan sebuah lapisan otot menjadi dua bagian, dari atas ke bawah menjadi dua pompa. Kedua pompa ini sejak lahir tidak pernah tersambung. Belahan ini terdiri dari dua rongga yang dipisahkan dinding jantung. Dapat disimpulkan bahwa jantung terdiri dari empat rongga, serambi kanan dan kiri kemudian bilik kanan dan kiri.
Dinding serambi jauh lebih tipis dari dinding bilik karena bilik harus melawan gaya gravitasi bumi untuk memompa dari bawah ke atas dan memerlukan gaya lebih besar untuk mensuplai peredaran darah besar, khususnya pembuluh aorta, untuk memompa ke seluruh bagian tubuh yang memiliki pembuluh darah.
Tiap serambi dan bilik pada masing-masing belahan jantung disambungkan oleh sebuah katup. Katup di antara serambi kanan dan bilik kanan disebut katup trikuspidalis atau katup berdaun tiga. Sedangkan katup yang ada di antara serambi kiri dan bilik kiri disebut katup mitralis atau katup bikuspidalis (katup berdaun dua).

Cara Kerja Jantung
Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). Selanjutnya berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi bersamaan.
Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena berbesar (vena kava) menuju ke dalam atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, ia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.
Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Darah mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (pembuluh kapiler), mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbondioksida dan dialirkan kembali ke jantung.
Darah yang kaya akan oksigen mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner karena darah dialirkan ke paru-paru.
Darah dalam atrium kiri didorong menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis/mitral, yang selanjutnya akan memompa darah bersih melewati katup aorta, masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru dan sebagainya.
Seputar Kesehatan Jantung
Masalah pada jantung dibagi karena kegagalan organ jantung seringkali hampir menjadi dua bagian, yaitu penyakit jantung dan serangan jantung.

Penyakit Jantung
Adalah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik seperti :

  • Otot jantung lemah, adalah kelainan bawaan sejak lahir. Otot jantung lemah membuat penderita tak dapat melakukan aktivitas berlebihan, karena pemaksaan kinerja jantung akan menimbulkan rasa sakit di bagian dada, kadangkala menyebabkan tubuh menjadi nampak kebiru-biruan. Penderita lemah otot jantung ini mudah pingsan.
  • Adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri, karena tidak sempurna pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi, saat penderita masih dalam kandungan. Hal ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur. Penyakit ini juga membuat penderita tidak dapat melakukan aktivitas yang berat, karena aktivitas berat hampir dapat dipastikan akan membuat tubuh penderita menjadi biru dan sesak napas, walaupun tidak menyebabkan rasa sakit di dada. Ada pula variasi dari penyakit ini, yakni penderitanya benar-benar hanya memiliki satu buah serambi

Serangan Jantung
Serangan jantung adalah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, sering disebut gagal jantung. Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utama biasanya adalah terhambat suplai darah ke otot-otot jantung, karena pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot jantung tersumbat atau mengeras, entah karena lemak dan kolesterol, ataupun karena zat kimia seperti penggunaan obat berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa), banyak ditemui dalam obat-obat seperti Decolgen, dan nikotin.
Penanggulangan Penyakit Jantung Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia
Tidak ada penanggulangan yang lebih baik untuk mencegah penyakit dan serangan jantung, selain gaya hidup sehat (seperti sering bangun lebih pagi, tidak sering tidur terlalu larut malam, menghindari rokok dan minuman beralkohol), pola makanan yang sehat (memperbanyak makan makanan berserat dan bersayur, tidak terlalu banyak makan makanan berlemak dan berkolesterol tinggi), juga olah raga yang teratur tapi tidak berlebihan.
Dasar-dasar pengobatan yang diberikan Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia pada pasien, disesuaikan dengan ilmu “Canon Medicinae” yang asli. Hal ini menjadi kelebihan dibanding sistem pengobatan di tempat lain yang umumnya megandalkan obat sintetik atau obat ekstrak herbal (tumbuhan).
Cara pengobatan yang ditawarkan dengan medis timur yaitu pasien hanya cukup mengkonsumsi FORMULA yang bahannya dari senyawa aktif hewani, serangga, mineral, dan tumbuhan. Sehingga pasien penyakit jantung akan merasakan nyaman karena proses penyembuhan penyakit kronis tersebut tidak perlu tindakan seperti tanpa ring, operasi, dan tanpa cangkok .

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin berkonsultasi silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA

Ads Inside Post

Dokter Kami Sahabat Anda