Minggu, 28 September 2014

WASPADA STROKE

Penting sekiranya bagi kita semua untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah dengan memahami segala bentuk gejala penyakit sedini mungkin. Pada bahasan kali ini kami ingin berbagi sekelumit informasi terkait dengan penyakit stroke, mulai dari gejala, penyebab dan cara pencegahan dini yang efektif. Semoga bermnfaat.
Pengertian Stroke
Stroke adalah serangan yang terjadi pada otak yang muncul secara mendadak akibat pembuluh darah otak tersumbat atau pecah. Penyakit stroke merupakan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan matinya jaringan otak (infarkserebral). Hal ini dipicu akibat penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen yang menuju ke otak mengalami kekurangan hingga menyebabkan serangkaian reaksi biokimia yang dapat merusak dan mematikan sel-sel saraf otak.

Gejala, Penyebab dan Pencegahan Stroke
Hingga akhir tahun 2012 jumlah penderita stroke di indonesia sudah mencapai 500.000 orang dengan angka 12.500 jiwa melayang akibat serangan stroke. Sedengkan sisanya mengalami cacat fisik baik cacat ringan maupun berat. Data ini sudah menjadi peringatan bagi kita semua, betapa pentingnya untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan pencegahan penyakit sedini mungkin terkait penyakit mematikan ini. Secara umum ada dua faktor pemicu munculnya serangan penyakit stroke, yaitu :
1.    Faktor Resiko Medis, penyebab stroke semakin parah dengan adanya hipertensi atau tekanan darah tinggi, kolesterol, arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah, gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga atau faktor keturunan dan migren atau sakit kepala sebelah. Data statistik yang dibuat oleh para ahli menyebutkan bahwa pemicu utama penyakit stroke adalah hipertensi dan arterioklerosis.
2.    Faktor Resiko Perilaku dan Kebiasaan, disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan individu tersebut kurang sehat, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan bersoda dan gemar memakan makanan cepat saji atau junk food. Faktor resiko perilaku yang lainnya yaitu kurangnya aktifitas gerak atau olah raga dan obesitas. Salah satu pemicu lainnya yang sering kita jumpai yaitu suasana hati yang tidak nyaman seperti sering marah tanpa ada penyebab yang jelas.

Gejala Umum Stroke
Pada tahap awal, semua orang wajib memperoleh pengetahuan dan informasi tentang stroke dan meyakinkan kepada mereka bahwa penyakit stroke merupakan serangan otak yang secara sederhana mempunyai lima gejala utama yang harus diketahui dan dipahami. Sehingga semua orang akan mengerti dan waspada tentang bahayanya serangan penyakit stroke ini.

Gejala Utama Stroke
Serangan Penyakit stroke biasanya diikuti oleh sejumlah gejala umum, diantaranya :
1.    Rasa kebal
2.    Kematian mandadak
3.    Kehilangan rasa dan sering lemas pada tangan, kaki dan muka terutama pada satu bagian tubuh saja.
4.    Perasaan bingung yang mendadak sehingga sulit berbicara dan sulit untuk mengerti akan suatu hal.
5.    Kedua mata mendadak terasa kabur
6.    Mendadak kehilangan keseimbangan dan sulit berjalan dan terhuyung
7.    Merasa pusing secara mendadak dan sakit kepala tanpa adanya sebab yang jelas
8.    Rasa mual dan muntah-muntah di ikuti dengan panas.
9.    Pingsan mendadak dan kehilangan kesadaran

Apa yang harus kita lakukan untuk menghindari Stroke ?

1.    Hentikan dan Hindari kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan akan membuat darah menjadi mudah menggumpal.
2.    Periksakan tensi darah secara rutin. Tekanan darah yang tinggi bisa membuat pembuluh darah anda mengalami tekanan ekstra. Hal tersebut untuk mengetahui seberapa tekanan darah anda, jika mengalami tekanan darah yang tidak normal, akan ada pencegahan dini untuk tidak menjurus ke ancaman penyakit stroke.
3.    Waspadai kadar kolesterol anda. Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan jantung secara rutin dan cek kolesterol, ini termasuk mewaspadai gejala detak jantung yang tidak teratur, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke.
4.    Atasi dan kendalikan stres dan depresi. Stres dan depresi dapat menggangu bahkan menimbulkan korban fisik. Jika tidak teratasi, dua hal ini pun dapat menimbulkan problem jangka panjang.
5.    Makan makanan sehat sedikitnya lima porsi buah dan sayur setiap hari secara teratur. Hindari makan daging merah terlalu banyak sebab lemak jenuh yang dihasilkan daging merah ini dapat membuat pembuluh darah anda mengeras.
6.    Kurangi garam. memakan makanan yang memiliki kandingan garam tinggi akan meningkatkan tekanan darah anda atau hipertensi, hipertensi penyebab terbesar pula untuk resiko ancaman penyakit stroke.
7.    Pantau berat badan. Atur pola makan anda secara terkontrol dan teratur. Jika anda mempunyai berat badan yang terlalu gemuk atau obesitas sebaiknya anda melakukan diet seimbang untuk mengurangi beban jantung memompa darah terlalu keras akibat berat bedan berlebih.
8.    Berolahraga dan aktif. Melakukan aktifitas fisik secara teratur seperti olah raga dan rekreasi.
9.    Hindari minuman beralkohol.
10. Mencari Informasi. Dengan mengikuti perkembangan informasi tentang kesehatan, banyak pengetahuan dan hal penting yang diperoleh guna menghindari kemungkinan penyakit stroke dan yang terpenting tetaplah hidup dengan optimis dan penuh rasa syukur.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin berkonsultasi silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA


Ads Inside Post

Dokter Kami Sahabat Anda