Minggu, 05 April 2015

MACAM-MACAM PENYAKIT GINJAL

Organ ginjal terletak di belakang perut atau abdomen. Ginjal sendiri berbentuk menyerupai kacang yang berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan urin atau air kencing. 
Secara terperinci, berat ginjal sangat bervariasi tergantung jenis kelamin, umur serta lengkap atau tidaknya keberadaan kedua ginjal. pada orang dewasa rata-rata ginjal memiliki ukuran sekitar 11,5 cm, lebar sekitar 6 cm dengan ketebalan 3,5 cm dengan berat sekitar 120-170 gram. Karakteristik bentuk ginjal ditandai dengan ada bukaan yang disebut hilus yang menghubungkan arteri renal dan vena renal dan ureter.
Ginjal mengatur pH, konsentrasi ion mineral, dan komposisi air dalam darah. Ginjal mempertahankan pH plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hidronium dan hidroksil. Akibatnya, urine yang dihasilkan dapat bersifat asam pada pH 5 atau alkalis pada pH 8. Kadar ion natrium dikendalikan melalui sebuah proses homeostasis yang melibatkan aldosteron untuk meningkatkan penyerapan ion natrium pada tubulus konvulasi.
 Bentuk dan bagian-bagian ginjal












Jenis penyakit pada ginjal
  1. Asidosis Tubulus Renalis
    adalah suatu penyakit ginjal (renal) khususnya pada bagian tubulus renalis-nya. Menurut sejumlah literatur ilmiah bidang kesehatan, penyakit ATR ini memang tergolong penyakit langka, dengan manifestasi klinis yang tidak spesifik sehingga diagnosis sering terlambat.
  2. Congenital Hydronephrosis
    adalah suatu kondisi yang dapat diobati di mana urin terjebak di dalam ginjal sehingga aliran urin menuju kandung kemih menjadi lebih lambat dari seharusnya. Hal ini menyebabkan ginjal membengkak. Hidronefrosis dapat mempengaruhi satu ginjal (unilateral) ataupun kedua ginjal (bilateral). Hal ini sering disebut sebagai 'prenatal' atau 'antenatal.'
  3. Congenital Obstruction Or Urinary Tract
    Obstruksi saluran kemih sebagai hasil kelainan bawaan di oligohidramnion yang pada gilirannya dapat menyebabkan urutan Potter penampilan fisik atipikal. Hipoplasia paru adalah jauh penyebab utama kematian pada periode neonatal dini untuk anak-anak dengan bawaan obstruksi saluran kemih bagian bawah.
  4. Duplikasi Ureter
    Ureter digandakan adalah suatu kondisi bawaan di mana tunas ureter, asal embriologis ureter, membagi (atau muncul dua kali), mengakibatkan dua ureter menguras ginjal tunggal. Ini adalah kelainan ginjal yang paling umum, terjadi pada sekitar 1% dari populasi.
  5. Ginjal Tapal Kuda
    Ginjal tapal kuda adalah penyatuan kutub – kutub ginjal (biasanya bagian bawah). Mereka saling berhubungan melalui istmus yang berupa parenkim ginjal atau berupa jaringan fibrous (band). Letak ginjal tapal kuda lebih rendah daripada posisi yang normal, dan istmus letaknya setinggi vertebra lumbal 4 – 5.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih jauh tentang gejala penyakit ginjal silakan konsultasikan dengan Tim Konsultan kami atau datang langsung ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”di Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA.

Ads Inside Post

Dokter Kami Sahabat Anda